Rabu, 16 April 2014

KEGAWATDARURATAN ORTHOPEDI

KEGAWATDARURATAN ORTHOPEDI


Salah satu miskomunikasi yang sering terjadi antara dokter dan keluarga pasien adalah waktu operasi. Di sini seakan-akan terjadi tawar menawar antara dokter dengan keluarga pasien.

Ada dua kemungkinan skenario yang terjadi dalam hal ini. Pertama adalah dokter menganjurkan operasi segera namun keluarga menunda-nunda, dengan alasan menunggu pengambil keputusan utama di keluarga yang belum datang. Kedua adalah keluarga menginginkan operasi secepatnya sementara dokter menjadwalkan operasi keesokan harinya atau dua tiga hari lagi.

Lantas siapa yang benar dalam hal ini? Apakah operasi orthopedi sebaiknya dilakukan segera atau terjadwal?

Dalam dunia kedokteran secara umum ada tindakan yang “CITO” (harus segera dilakukan) dan ada yang “elektif” (dapat diatur jadwalnya). Ada beberapa hal yang menjadi CITO dalam Orthopedi, antara lain:

Fraktur terbuka
Sindrom kompartemen
Dislokasi
Cedera neurovaskular
Arthritis septik
Cedera tulang belakang dengan penurunan status neurologis
Berikut pembahasan singkat mengenai poin-poin di atas:

Fraktur Terbuka

Fraktur adalah patah tulang. Fraktur terbuka berarti tulang telah bersentuhan dengan dunia luar, yang berarti berisiko infeksi. Infeksi adalah musuh dari dokter orthopedi, infeksi dapat menyebabkan penyembuhan tulang terganggu–tulang tidak tersambung. Fraktur terbuka memerlukan operasi pembersihan (lazim disebut debridement) segera untuk mencegah infeksi. Semakin berat derajat fraktur terbuka (paling tinggi IIIC), dianjurkan segera dilaksanakan debridement. Tidak kalah pentingnya adalah pemberian antibiotik sesuai derajat fraktur terbuka sesegera mungkin.

Sindrom Kompartemen

Sindrom kompartemen adalah peningkatan tekanan di dalam tubuh. Di bidang orthopedi peningkatan tekanan terjadi di alat gerak (paling sering di tungkai bawah). Gejala dari sindrom ini adalah (berurutan) nyeri, pucat, mati rasa, lumpuh, hilang nadi. Apabila tidak ditangani dengan segera maka organ yang bersangkutan, misalnya lengan bawah, akan “mati”–keriput, kering, kaku, tidak berfungsi. Tata laksananya kadang sulit diterima pasien dan keluarga pasien, karena lengan bawah disayat-sayat dalam dan dibiarkan terbuka, tetapi percayalah bahwa ini terapi yang terbaik, yang mungkin menyelamatkan organ tubuh pasien.

Dislokasi

Dislokasi adalah terlepasnya hubungan antara dua komponen sendi. Sendi yang paling sering terkena adalah sendi bahu dan sendi panggul. Dislokasi memerlukan penanganan segera karena, nyeri sekali dan dapat menimbulkan komplikasi lanjutan. Bila sendi dibiarkan lepas lama, maka tulang rawan yang melapisi sendi tidak mendapat makanan dari cairan sendi dan akan mengalami kerusakan permanen. Sendi akan terasa nyeri bila digerakkan, atau mengalami proses penuaan (degenerasi) dini. Tata laksana dari dislokasi adalah mereposisi sendi yang mengalami dislokasi. Anda bisa melihat dokter orthopedi ini bermanuver seperti ahli judo untuk mengembalikan sendi, umumnya membutuhkan pembiusan untuk mengurangi tegangan otot.

Cedera Neurovaskular

Cedera neurovaskular adalah cedera yang melibatkan pembuluh darah dan saraf. Dua unsur yang sangat penting. Dokter orthopedi yang akan menentukan apakah pembuluh darah itu cukup penting untuk disambung segera, demikian juga dengan saraf. Seorang dokter orthopedi mungkin akan memerlukan mikroskop atau lup untuk menyambung pembuluh darah atau saraf.

Arthritis septik

Arthritis septik adalah infeksi oleh kuman yang menghasilkan nanah pada sendi. Arthritis septik memerlukan operasi pembersihan (lazim disebut debridement) segera untuk mencegah kerusakan permanen pada sendi dan penyebaran infeksi

Cedera tulang belakang dengan penurunan status neurologis

Cedera pada tulang belakang dapat menimbulkan kecacatan bermakna bahkan sampai kematian. Tulang belakang melindungi sunsum tulang belakang (medula spinalis) yang bertugas seperti kabel untuk menggerakkan anggota badan kita dan menyampaikan impuls saraf ke otak. Cedera pada tulang belakang dapat menekan dan melukai medula spinalis. Ini memerlukan penanganan segera untuk mengurangi tekanan pada medula spinalis.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar